Pancasila: Sebuah Ideologi Pemersatu Perbedaan Bangsa

You may also like...

5 Responses

  1. tavip says:

    bagus sekali tulisannya mas, sayang pelajaran mengenai Pancasila saat ini tidak seperi dulu dan tampak tidak Up-date terhadap perkembangan zaman, seharusnya pancasila sebagai sebuah kerangka dalam mempersatukan sebuah negara yang berbeda-beda ini bisa kuat dalam bergolaknya zaman sehingga orang-orang dari tua sampai muda bisa menghayati apa yang ada didalamnya

    • terimakasih vip….

      Itulah, kenapa P4 gak ada lg ya? semakin lemah pertahanan negara ini dalam hal melawan ancaman “tidak nyata”, karena penangkal yg sudah di rancang oleh para pendahulu, kita sendiri yg mengkerdilkannya….

      • Shinto says:

        setuju mas, sekarang kita selalu mengkambing-hitamkan demokrasi, tapi pelaksanaannya hanya slogan belaka… eh.. sekarang masih ada pelajaran Pancasila ga sih di sekolah…?

  2. Bambang Ts says:

    Sewaktu dijakarta kemaren sempet berdiskusi dengan seorang rekan yang diluar dugaan ternyata cukup konsen terhadap permasalahan Ideologi Negara. dari beliau saya berfikir, bahwa Pancasila bukan pemikiran yang simpel dan dibuat tanpa perenungan mendalam oleh para Founding Fathers Negeri ini yang sadar bahwa Nusantara yang terdiri dari ribuan pulau dan berbagai suku bangsa dan bahasa memerlukan suatu landasan yang kokoh untuk menjamin keberlangsungannya.

    • Betul masb,

      Monggo di ajak temannya utk bergabung dengan kita….semoga Pancasila tetap jaya…

      Suatu karakter bangsa yg kuat sebenarnya sdh kita miliki dengan Pancasila…akan tetapi karakter tsb melemah oleh kita kita juga….Sedih…:(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *