Peningkatan Kerjasama Pertahanan Indonesia Di Kawasan ASEAN Dalam mendukung Diplomasi Pertahanan

You may also like...

3 Responses

  1. Shinto says:

    Tulisannya lengkap sekali mas..
    semoga dengan adanya Upaya Upaya untuk meningkatkan kerjasama Pertahanan yaitu salah satunya dengan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pertahanan & Meningkatkan Kemampuan Alutsista Pertahanan diharapkan bisa merubah paradigma diplomasi zero enemy dan diplomasi nota protes.
    Karena seperti kita ketahui, ancaman disintregasi dan ancaman dari luar terhadap intregritas bangsa semakin menguat walaupun kita sering melakukan kerjasama pertahanan dengan tetangga, tapi aspek politis suatu bangsa dan cara pandang suatu bangsa sulit untuk kita tebak dikarenakan efek psikologis kita di masa lalu.

    cmiiw

  2. Tulisan inspiratif untuk visi kedepan…
    Buku putih sebagai blue print arah kebijakan pertahanan kita kedepan semoga akan lebih to the point dan up to date thd arah tantangan dan ancaman kedepan akan peran kita dalam 1 tahun kedepan dihadapkan oleh konsep perdagangan bebas dan pertahanan bersama wilayah ASEAN.
    Menarik untuk disimak bahwa kekuatan pertahanan merupakan alat utama dan efektif dalam sebuah kekuatan diplomasi.

  3. Bambang Ts says:

    Tulisan yang sangat lengkap dan menarik sekali Mas…
    Militer tanpa Diplomasi tidak akan memenangkan peperangan yang sesungguhnya (memenangkan hati dari musuh), dan Diplomasi tanpa Kekuatan Militer dan Kekuatan Ekonomi tidak akan merubah apa-apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *